BPPV Subang, mendapat kehormatan menjadi tempat magang pengembangan widyaiswara dokter hewan dari Pusat Penyuluhan Pertanian dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, pada tanggal 12-25 Mei 2013. Pada kesempatan ini para peserta magang diberikan kesempatan mempelajari teori dan praktek pengujian yang dapat dilaksanakan di laboratorium BPPV Subang, diantaranya pengujian di laboratorium Bakteriologi, Virologi, Parasitologi, Patologi, Kesmavet dan Epidemiologi.

Selain itu peserta juga mendapat kesempatan untuk praktek pengambilan sampel uji di kandang hewan percobaan, terutama untuk hewan kambing dan sapi.

Selama 2 minggu menjalani magang, mempelajari dan mencoba metode-metode pengujian dan pengambilan sampel uji, maka dapat diperoleh hasil post test yang cukup memuaskan.

Model magang dan pelatihan seperti ini sedianya akan terus dikembangkan dan dipromosikan BPPV Subang. Tentunya koordinasi dan komunikasi dengan laboratorium BPPV dan BB-Vet lain akan sangat membantu meningkatkan kapasitas BPPV Subang sebagai laboratorium penguji dan referensi. Bahkan untuk meningkatkan uji kelayakan publik balai, BPPV Subang tidak segan-segan untuk menawarkan kepada pengguna untuk membandingkan dan mendatangi laboratorium lain.

605 View