Sebagai dukungan terhadap stake holder di wilayah kerja dan berkaitan juga kedudukan kantor di Subang, maka Balai Veteriner Subang memberikan dukungan kepada Dinas Peternakan Kabupaten Subang dalam Pameran Alegoris pada hari Rabu 2 April 2014 dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Subang yang ke-66 dengan menampilkan mobil operasional laboratorium keliling yang biasa digunakan oleh B-Vet Subang. Dalam pameran ini dua ekor domba sehat jadi-jadian yang diperankan manusia, sebagai maskot pameran, bersalaman dengan Bupati Subang. Selain itu Dinas Peternakan Kabupaten Subang menyajikan gambaran profil dan hasil kerja selama satu tahun terakhir.

Dimana program kerja unggulannya berorientasi pada :

A. Dukungan kepada program GAPURA (Gerakan Pembangunan untuk Rakyat) terutama yang berorientasi pada GAPURA-EMAS (Ekonomi Masyarakat)

Program GAPURA EMAS yang didukung Dinas Peternakan kabupaten Subang dan B-Vet Subang adalah pembentukan, pendampingan dan bimbingan kepada kelompok ternak produktif. Bahkan dalam beberapa kegiatan, beberapa kelompok ternak telah berhasil mendapat beberapa penghargaan, diantaranya

  • Juara 1 tingkat nasional LLM versi 3155 tahun 2013 desa Bojong Tengah kecamatan Pusaka Jaya
  • Juara 1 tingkat propinsi kelompok sapi potong Karang Rasa desa Sidajaya kecamatan Cipunagara
  • Juara 2 Kelompok Tani Ternak domba Neglabinangki desa Purwadadi Barat kecamatan Purwadadi
  • Juara 3 Sapi Perah Sugihmukti desa Kasomalang Wetan kecamatan Kasomalang
  • Juara 3 Ternak itik Srijaya Mulya desa Sidamulya kecamatan Cipunagara

B. Kesiapan menghadapi kawasan perdagangan bebas kawasan ASEAN (AFTA) tahun 2015

Kabupaten Subang sebagai penyokong ekonomi nasional terutama untuk daerah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten dengan banyak berdirinya farm peternakan di kabupaten Subang, maka kegiatan untuk meningkatkan daya saing di tingkat internasional telah dilakukan. Diantaranya telah terbentuk Forum Peternakan Kabupaten Subang (Creative Communication Meeting) yang setiap bulan selalu aktif berdiskusi baik di B-Vet Subang maupun di Dinas Peternakan Kabupaten Subang.

573 View