Prof. Fujisaki Kozo, DVM., Ph.D. datang ke BPPV Subang sebagai tim ahli (expert) dari JICA dan beliau merupakan short time expert serta pakar di bidang parasitologi veteriner yang akan bekerja mulai tanggal 8 Oktober sampai dengan 30 Nopember 2012

Pada tanggal 12 Oktober 2012, telah dilaksanakan Seminar Parasitologi yang berlangsung di BPPV Subang dan dihadiri oleh 35 orang  termasuk staf dari BIB Lembang, BET Cipelang serta UPTD BP2HK Cikole Jawa Barat.

Judul dari seminar ini yaitu “Caplak Sebagai Vektor Parasit yang dapat Bertahan Hidup Dalam Keadaan Berlebihan Makanan ataupun dalam Keadaan Kekurangan Makanan”.

Beliau  menjelaskan tentang penyakit parasit darah pada hewan dan kerusakannya yang diakibatkan oleh caplak sebagai vektor serta menjelaskan tentang penelitian terakhir mengenai mekanisme infeksi penyakit tick-borne dengan mengembangkan metoda secara mudah dan murah.

Dalam sesi diskusi, banyak pertanyaan yang diajukan kepadanya dari peserta seminar tentang bagaimana cara penanganan dan penanggulangan ketika ada wabah penyakit datang serta solusinya. Beliau menyarankan agar berhati-hati terhadap vector tersebut dan pentingnya pemeriksaan secara berkala yang harus dilakukan dilapangan pada saat akan terjadi wabah penyakit. Seminar tersebut merupakan kesempatan baik dan sangat bermanfaat bagi peserta dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan penyakit yang disebabkan oleh parasit.

462 View